20 April 2009

Negeri Sepeda

SELAIN dikenal sebagai Negeri Kincir Air, Belanda juga dikenal sebagai Negeri Sepeda. Julukan itu diperolehnya setelah Belanda mencatat sebagai Negara dengan rasio populasi sepeda dan penduduknya tertinggi di Eropa. Sepeda sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Belanda, bahkan sejak masih kanak-kanak.
Di seluruh Belanda , orang naik sepeda. Murid sekolah, guru, iuruah tangga,manajer, bahkan manteri sekalipun naik sepeda. Tercatat ada 18 juta sepeda di Belanda. Bila penduduk Belanda berjumlah 16,3 juta jiwa, maka ada 1.100 sepeda untuk setiap 1.000 penduduk. Angka ini tertinggi di Eropa. Bandingkan dengan Spanyol adalah 231 sepeda untuk 1.000 penduduk. Yang angkanya mendekati Belanda adalah Jerman dengan 900 sepeda untuk 1.000 penduduk.
Selain kepemilikan sepeda yang tinggi di Belanda, ternyata juga sesuai dengan frekuensi pemakaiannya. Statistic menunjukkan setiap penduduk belanda rata-rata mengayuh sepedanya sejauh 1.019 kilometer per tahun atau sekitar 16 milyar kilometer untuk seluruh penduduk Belanda. Bandingkan dengan Spanyol yang Cuma 24 kilometer per tahun per penduduk. Maka tak salah kalau pernyataan orang Belanda dan sepeda sudah seperti ikan dan air. Keduanya tak bisa dipisahkan.Sejak sekolah dasar kelas dua ke atas mendapat pelajaran lalu lintas bersepeda serta berbagai hal yang berkaitan dengan sepeda saat berada di jalan raya.
Pilihan orang Belanda terhadap sepeda karena harganya murah, tidak mencemari udara, sehat bagi yang mengayuhnya. Sedangkan, kelemahan sepeda hanya terletak pada kecepatan dan jarak jangkau.(***)

Tidak ada komentar: