07 Agustus 2010

Peti Mati di Pinggir Jalan


“Jika batu menimpa telur, kasihan telur itu. Jika telur menimpa batu, kasihan telur itu”. (Sabrina Jasmine)

BERITA kecelakaan lalu lintas kerap menghiasai halaman mukamedia massa. Ini pertanda, nyawa bisa melayang kapan saja. Kenyataannya, dari tahun ke tahun, jumlah nyawa melayang di jalan raya. Waspadalah.
Pemerintah Amerika Serikat pernah dipusingkan dengan tingginya angka kecelakaan di negara Paman Sam tersebut. Di negara adikuasa itu, tepatnya di antara highway jalan dari New York da Los Angles pada tahun 1986-an, konon rambu-rambu lalu lintasnya adalah sejumlah peti mati yang didirikan tegak di pinggir-pinggir jalan. Hebantnya lagi, di dalam peti mati itu berisikan korban kecelakaan tahun – tahun sebelumnya. Di setiap lima detik perjalanan menggunakan mobil akan dijumpai sebuah peti mati. Karena setiap satu mil, terdapat 12 buah peti mati yang didirikan tegak menantang di pinggir jalan. Tentunya, tujuannya adalah untuk memperingatkan kepada para pengguna jalan untuk selalu berhati-hati saat berada di jalan raya, khususnya di ruas jalan antara New York dan Los Angles ini. Khususnya peringatan keras bagi para peminum minuman keras yang nekad mengemudi kendaraannya sambil teler. Karena perisriwa kecelakaan di negara ini rata-rata disebabkan oleh pengemudi yang mabuk karena miras.
Menurut pengamatan para dokter jiwa di Bandung beberapa tahun lalu, ada kecendrungan tingginya jumlah penderita gangguan jiwa di kota-kota besar, seiring dengan perkembangan dab pertumbuhan ekonomi. Fenomena ini dapat dilihat dari mencoloknya jumlah kunjungan ke psikiater di kota besar. Akibat tekanan yan kuat hidup di kota, menyebabkan terjadinya tingkah laku menyimpang akibat dari lingkungan yang depresif, hingga pelariannya ke minum-minuman keras. Ketika mabuk bin teler, mereka kehhilangan kemampuan mengendalikan diri. Jika pada saat itu dia sedang berada di jalan raya, maka dia akan kehilangan kemampuan mengendalikan kendaraannya. Bisa ditebak, kecelakaan pun tak bisa dihindari.(***)

Tidak ada komentar: