12 Mei 2008

Kiamat Sudah Dekat?

ISU internasional yang sedang ngeterend saat ini adalah soal Pemanasan Global yang menyebabkan suhu dunia terus meningkat. Siapa yang paling bertanggung jawab hingga terciptanya kegerahan ini?
Ada tiga negara yang menjadi penyumbang terbesar hingga terjadinya pemanasan global ini. Pertama adalah India, yang akhir-akhir ini disebut sebagai salah satu Macan Asia karena keberhasilannya di bidang pembangunan, penegakkan supremasi hukum dalam hal melibas para penyimpang hukum, pencoleng duit negara dan koruptor. India dikatakan menjadi salah satu negara penyumbang gas buang terbesar di dunia, karena antara tahun 1990-2004, konsumsi energi negara itu naik sebesar 37 % dan emisi gas buangnya yang mencapai 1,12 ton per tahun per kapita. Kemudian ada Negara China yang penduduknya saat ini telah mencapai 1,3 Milyar jiwa dengan produksi gas buangnya sebesar 4,03 ton per tahun per kapita. Negara komunis yang pertumbuhan ekonominya mencapai 10 % itu, diprediksi akan menyaingi Amerika Serikat (USA) sebelum tahun 2010, dengan total gas buang sebesar 21,75 ton. Kesimpulannya, gara-gara tiga negara besar itu, suhu bumi menjadikian panas.
Tahun 2005 merupakan tahun terpanas selama 125 tahun terakhir. Karena suhu terpanas saat itu mencapai 58 Derajat Celcius di daerah Al-Asisiyah, Libya. Prediksi para pakar, suhu panas itu akan terus meningkat sebesar 0,2 Derajat Celcius di setiap dekade dalam jangka waktu 20 tahun mendatang. Jangan heran banyak gunung es meleleh, banyak pulau hilang, pantai terkikis oleh air laut. Bahkan, Indonesia kehilangan sekitar 2 ribu pulau dari total yang dimiliki sebanyak 17.000 pulau. Kiamat Sudah Dekat?(***)

Tidak ada komentar: