16 Mei 2008

M U P P E T

SIAPA yang tidak pernah nonton tayangan khusus anak bernama “Muppet”? Tontonan ini amat menarik untuk merangsang perkembangan kreativitas dan daya pikir anak-anak. Namun, tayangan bermutu itu kini sudah tidak lagi dapat dinikmati. Saya ingin bercerita sedikit soal asal muasal Muppet ini.
Pertama kali program ini ditayangkan oleh TV pada tahun 1969 oleh Raja Mobil Ford, Henry Ford melalui anak tunggalnya Edsel Ford dengan lembaga nirlaba yang didirikannya bernama Ford Foundation pada tahun 1936. Dana yang digelontorkan untuk membuat program ini adalah sebesar US$ 1 juta pada tahun 1969. Jumlah uang yang sangat besar sekali pada waktu itu. Namun, bagi orang sekelas Ford, angka itu tidaklah seberapa, apalagi jika dikaitkan dengan tujuan mulianya untuk membantu pertumbuhan anak secara positif melalui program prime time yang ditayangkan TV. Terbukti, tidak perlu membutuhkan waktu lama, Muppet sangat populer di seantero jagad, termasuk di Indonesia.
Lembaga seperti Ford Foundation ini sebenarnya sangat diharapkan banyak tumbuh di Indonesia. Ford Foundation bergerak di bidang kesejahteraan masyarakat, kegiatan ilmiah, pendidikan dan sosial. Pada tahun 2006 lalu, Ford Foundation merogoh koceknya sebesar US$ 530 juta untuk berbagai program, termasuk bantuan pendidikan.(***)

Tidak ada komentar: