08 April 2009

Orang Miskin

KEMISKINAN di negeri ini seakan tak teratasi. Tiap tahun angkanya terus bertambah walaupun sejumlah program untuk pengentasan kemiskinan oleh pemerintah, katanya sudah digelontorkan. Salah satunya adalah BLT (bantuan langsung tunai) untuk masyarakat tak mampu.
Pemerintah mengalokasikan dana besar untuk kemiskinan di negeri ini melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Misalnya pada tahun 2004 besarnya Rp 18 Trilyun. Pada tahun 2005 sebesar Rp 23 Trilyun. Tahun 2006 sebesar Rp 42 Trilyun. Pada tahun 2007 besarnya Rp 51 Trilyun dan pada tahun-tahun berikutnya sudah pasti terus bertambah. Hanya saja, angka kemiskinan di Indonesia ini konon bukan malah turun, tetapi naik. Saat ini angka sekitar 40 juta orang dilaporkan adalah orang miskin. Tetapi, Aburizal Bakrie tercatat sebagai orang terkaya tahun 2008 se Asia Tenggara dengan kekayaan sekitar Rp 90 trilyun.
Ironis memang! Indonesia yang katanya negara yang kaya raya, tetapi banyak orang payah cari makan. Sekolah mahal. Kesehatan mahal. Bahan Bakar Minyak mahal. Sembako mahal dan semuanya serba mahal.(**)

Tidak ada komentar: