19 Februari 2011

Populer

“Jika batu menimpa telur, kasihan telur itu. Jika telur menimpa batu, kasihan telur itu”.(Sabrina jasmine)

SAAT ini, orang yang paling popular di Indonesia adalah Gayus H Tambunan. Kepopulerannya melebihi artis paling top di negeri ini.
Seluruh media massa, baik elektronika maupun media cetak, tak habis-habisnya memberitakan mantan pegawai Dirjen Pajak yang didakwa melakukan korupsi, pemalsuan dokumen, menyogok, bebas keluar masuk sel dan sebagainya.
Dia memang popular, karena bisa begitu mudah, konon sebanyak 68 kali tidak kembali ke Rumah Tahanan Brimob, yang katanya yang paling ketat di negeri ini. Dia popular kerena konon berhasil menyogok aparat hukum dengan uang yang banyak miliknya. Dia popular bisa membuat paspor meski dirinya berada di dalam penjara dan sukses melancong ke Bali, Singapura, Malaysia bahkan hingga ke Makau. Dia juga popular, karena paspor yang dibuatnya konon harganya mencapai Rp 900 juta. Parpor termahal di dunia ini. Mungkin juga termahal di dunia makhluk halus sana. Ironisnya, yang berhasil mengungkap melancongnya Gayus itu adalah warga Negara biasa, yakni seorang wartawan dan seorang wanita bernama Devina yang curhat lewat surat pembaca di sebuah surat kabar nasional.
Terlepas dari semua itu, kepopuleran Gayus memang tak ada hentinya. Karena oleh pengadilan, dia “hanya” divonis 7 tahun dan bayar denda Rp 300 juta. Bagi sebagaian orang, ganjaran itu sudah sesuai, namun bagi sebagian orang lagi, vonis itu melukai rasa keadilan masyarakat. Karenanya, banyak yang berpendapat, akan muncul Gayus-Gayus lain di negeri aneh ini, tentunya dengan segala kepopulerannya.(fb:Anto Winarno)

Tidak ada komentar: