20 April 2009

“Jual Diri” Lewat Internet

INTERNET, menurut Bill Gates pendiri Microsoft, telah menjadi pusat keramaian kota tempat orang berintraksi dan berbisnis. Tinggal bagaimana dan sejauh mana kemampuan seseorang untuk memanfaatkan berbagai peluang yang bisa disajikan melalui internet.
Matt Mulenweg, adalah pendiri situs blog yang sangat laris di Indonesia, Wordpress.com. Dia menggratiskan situs ini, bahkan dia juga tidak memasang iklan di Wordpress. Lalu darimana dia mendapat duit? Keuntungan apa yang dia dapatkan? Jawabannya adalah personal branding.
Memang, dia tidak mendapatkan keuntungan dari iklan, tapi dia bisa hidup dari “efek samping” karena memiliki situs yang popular. Karena semua orang tahu dia adalah pembuat situs Wordpress, dia menjadi terkenal sebagai ahli teknologi, informasi dan komunikasi. Dengan mudah, selanjutnya dia mendapatkan banyak proyek dari perusahaan-perusahaan besar dengan dengan perusahaan yang dia dirikan, bernama Automatic.
Selain Matt Mulenweg, ada lagi yang bernama Romi, asli orang Indonesia. Pada tahun 2003 secara tak sengaja dia membuat situs IlmuKomputer.Com saat dia masih sekolah di Jepang. Dia tidak menyangka situs yang dia buat menjadi sangat laris dan dikunjungi oleh banyak pengguna internet. Situsnya terkenal, dan dia pun ikut terkenal dan banyak mendapatkan proyek dari perusahaan-perusahaan besar lewat perusahaan yang didirikannya, Brainmatics.
Itu adalah dua orang yang bisa dijadikan sebagai contoh kesuksesan mengunduh uang dari internet. Tentunya masih banyak kisah lain yang tak kalah menariknya. Mereka tidak mendapatkan keuntungan langsung dari produk yang dibuatnya gratis. Sebagai gantinya, dia mendapatkan keuntungan dari personal branding.(***)

Tidak ada komentar: