02 November 2011

Oktober

BANYAK Peristiwa besar terjadi di bulan Oktober yang kemudian mampu merubah dunia. Mau tahu?
Pada tahun 1908 para produsen minyak berpesta pora ketika untuk pertama kalinya produsen mobil Ford memproduksi missal. Hingga taun 1927 mobil bertipe T-20 ini terjual hingga 16,5 juta unit.
Di tahun 1608, Johannes Lippershey mendemonstrasikan alat pengelihat jarak jauhnya. Seberapa jauh? Yakni sebesar 3 kali pengelihatan mata normal. Sekarang, Teleskop Hubble bisa melihat bintang yang jaraknya sejauh 14 juta tahun cahaya dari bumi
Tahun 1997, astronot Inggris bernama Michael Foale, kembali ke bumi setelah empat bulan berada di stasiun luar angkara Mir. Kalimat pertama yang diucapkan saat menjalankan misi space walk-nya adalah, “ Wah tinggi sekali,ya”.
Tahun 1792 George Washington mulai membangun sebuah rukah yang kemudian bernama White House. Sekarang rumah itu menjadi rumah dinas Presiden Amerika Serikat yang nilainya lebih dari US$ 100 juta.
Pada tahun 1944, Jenderal Jerman Erwin Rommel dilaporkan bunuh diri. Winston Churcil negarawan Inggris yang juga musuh Jerman saat itu berkata, “Dia pantas kita hormati”. Lho kok? Karena Sang Desert Fox berhati ksatria dengan menolak para tawanan perangnya.
Tahun 4004 SM (Sebelum Masehi) dikatakan sebagai hari kelahiran bumi. Mungkin saja iya, mungkin saja tidak. Sebab ada 14 perkiraan yang berbeda soal kelahiran bumi ini. Uskup pada abad ke-17 mengatakan tahun itu yang paling dekat dengan kronologi Kitab Suci.
Tahun 1857 adalah berdirinya klub sepakbola Inggris Sheffield FC dan menjadi tim langganan liga primer. Dikatakan pula Sheffield FC merupakan tim tertua di dunia yang masih aktif. Kalau tiim tertua sebenarnya adalah Notts County yang didirikan pada tahun 1862, tapi sudah taik aktif lagi.
Di tahun 1955, seorang milyuner bernama Bill Gates bos Microsoft dilahirkan. Jenius ini sempat DO (drop out) dari Universitas Havard untuk mendirikan perusahaannya. Di tahun 1999 ketika sahamnya meroket, dia mendapat duit US$ 4.566.000 per jamnya. Waow.(**)

Tidak ada komentar: