03 Juni 2010

Tipe-X

“Apa gunanya Anda berlari sangat kencang, jika Anda sebenarnya berada di jalan yang salah…”.(Anton LW)

ADA ungkapan, manusia tidak akan mengecat ulang kesalahannya. Karenanya saya berkeyakinan, tidak ada manusia yang tidak pernah melakukan kesalahan. Kesalahan adalah manusiawi. Bahkan, orang-orang yang mengerti hukum seperti Pak Polisi, Pak Jaksa, Pak Hakim pun pernah berbuat salah. Oknum aparat penegak hukum yang hobi jual beli kasus, menjadi makelar kasus, juga salah.
Saya ingin bercerita tentang sebuah benda bernama “Tipe-X”. Benda ini sangat familiar dan tak asing dalam kehidupan sehari-hari. Fungsinya adalah untuk mengkoreksi kesalahan-kesalahan ketik/tulis. Kelahiran Tipe-X, tak bisa terlepas dari kisah seorang wanita janda Amerika Serikat beranak satu bernama Betee Nesmith yang pada tahun 1951 bekerja sebagai sekretaris di Bank Dallas. Gajinya saat itu adalah US$ 300 per bulan. Angka yang tidak kecil pada saat itu.
Persoalan terbesar yang dihadapinya sebagai seorang sekretaris adalah terlalu seringnya dia melakukan kesalahan ketik. Hingga akhirnya pada suatu hari dia membuat suatu cairan khusus yang berfungsi sebagai pengkoreksi kesalahan ketik yang kemudian dikenal dengan nama Tipe-X. Ide itu muncul setelah belajar dari pengalamannya sebagai seorang pelukis, pekerjaan yang pernah dia tekuni. Bahwa seorang pelukis tidak pernah meghapus kesalahannya, tapi cukup mengecat kembali kesalahan itu.
Dalam waktu singkat, Tipe-X buatannya menjadi terkenal di seluruh tempat kerjanya. Hingga seluruh rekan kerjanya pun menggunakan cairan khusus berwarna putih ini. Dia pernah menawarkan produknya itu ke sebuah perusahaan besar, IBM, namun ditolak mentah-mentah. Tapi pesanan terus berdatangan dari seluruh penjuru kota dan negeri. Dengan dibantu oleh seorang mahasiswi, dia menyulap dapurnya menjadi pabrik mini membuat Tipe-X. Dia mulai mengedarkan botol-botol mungil itu, hingga akhirnya seluruh dunia pun menggunakan Tipe-X untuk mengoreksi kesalahan ketik/tulis.(***)

Tidak ada komentar: