17 Agustus 2011

Adakah yang Ngurus Negeri Ini?

“Pemerintah adalah ibarat bejana, dari atas hingga ke bawah banyak kebocorannya”.(James Reston)

INDONESIA dikenal sebagai negara agraris, karena areal pertaniannya yang sangat luas. Indonesia juga dikenal sebagai negara kelautan, karena memiliki laut yang sangat luas dengan berbagai kekayaan yang dimilikinya. Indonesia juga disebut sebagai negara OPEC, karena salah satu negara yang memproduksi minyak fosil. Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara penghasil CPO (Crude Palm Oil) terbesar di dunia. Indonesia juga dicap sebagai negara yang ramah-tamah dan berprilaku luhur. Indonesia juga dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan melimpah ruah, sehingga digambarkan dalam lagunya Koes Plus, “Kolam Susu”. Tentunya masih banyak lagi rentetan julukan indah yang ditujukan untuk bangsa kita tercinta ini. Tapi apa yang terjadi?
Indonesia termasuk berada pada kelompok negara termiskin di dunia. Pelayanan pendidikan dan kesehatan sangat mahal sehingga nyaris tak terjangkau oleh rakyatnya. Banyak sekolahan bermutu, tetapi hanya bisa dinikmati oleh orang-orang berkantong tebal. Rakyat kecil kebanyakan, hanya bisa gigit jari tak bisa mengenyam pendidikan. Banyak universitas berkelas, tetapi untuk masuk kuliah harus merogoh uang hingga ratusan juta rupiah. Begitu juga dengan kesehatan, banyak rakyat yang lebih mengandalkan dukun kampung untuk mengobati penyakitnya ketimbang pergi ke dokter yang memasang tariff mencekik leher. Di bidang agraris, ternyata kita menjadi negara pengimpor hasil pertanian ketimbang sebagai pengekspor. Katanya kita negara penghasil CPO terbesar, tetapi harga minyak goreng mahal. Katanya kita negara penghasil minyak bumi, tapi harga BBM juga mahal dan sering langka.
Apa yang murah di negara ini? Nyaris tidak ada. Jika demikian, adakah yang ngurus negara ini? Apa yang diberikan negara ini untuk rakyatnya? Banyak yang menganjurkan kepada saya supaya bertanya kepada rumput yang bergoyang.

Tidak ada komentar: