07 Agustus 2010

Ongkos Jaga Presiden

“Saya ingin menjadi presiden bukan karena tawaran kesempatan untuk menjadi seseorang yang berkedudukan tinggi, tetapi karena tawaran untuk bisa melakukan sesuatu”. (Richard M. Nixon)

TIDAK Diketahui seberapa besar ongkos yang harus dikeluarkan oleh negara untuk menjaga keamanan Presiden RI selama ini. Namun yangt pasti membutuhkan duit gede. Karena sebagai pemimpin negara, seorang presiden harus dijaga dari berbagai ancaman keamanan yang membahayakan. Seperti apakah pengamanan terhadap presiden Amerika Serikat yang konon banyak musuhnya?
Khusus untuk Barack Obama adalah presiden kulit hitam pertama di Amerika Serikat sehingga rawan menjadi korban pembunuhan di negara yang tingkat rasialismenya ini masih tinggi. Wajar jika pada pidato kemenangan Obama tanggal 4 November 2008 lalu, dia berada di balik kaca tipis anti peluru yang sengaja dibuat tak terlihat oleh mata telanjang untuk mengelabuhi pihak-pihak yang bermaksud membuat onar.
Total ancaman sepanjang kampanye yang ditujukan kepada pria berdarah Kenya ini dan keluarganya adalah sebanyak 500 ancaman.
Setelah menjabat sebagai orang nomor 1 di AS, pasukan pengaman presiden dan keluarganya, Secret Service, memesan kendaraan Limosin untuk sang presiden yang menurut Daily Telegraph, kendaraan ini bukan hanya anti peluru, tetapi juga anti bom. Apalagi saat ini di AS sedikitnya ada 200 juta warganya memiliki ijin kepemilikan senjata api. Kebencian rasial belum musnah dari negeri Paman Sam ini. Data pemerintah menyebutkan, ada sekitar 30.000 kematian akibat senjata api di seantero AS. Parahnya, seorang presiden pun bahkan tidak terlepas dari ancaman dengan senjata api.
Sejarah AS mencatat, sebanyak 4 orang presidennya tewas ditembak ketika masih menjabat. Mereka adalah Abraham Lincoln, James A. Garfield, Wiliam McKinley dan John F. Kennedy. Sedangkan dua orang presiden dinyatakan luka-luka akibat dalam percobaan pembunuhan, salah satunya adalah Ronal Reagen. Artinya, untuk pengamanan bagi Obama adalah pekerjaan super sulit bagi agen-agen rahasia Negara ini. Sehingga membutuhkan taktik dan strategi yang beragam. Termasuk pengamanan bagi di sekitar tempat tinggal Obama dan keluarganya di Chicago.(***)

Tidak ada komentar: